Sempat Ricuh, Vocal Group Emperan Minta Seriusi Kasus Korupsi di Tanimbar


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Aksi solidaritas damai Vocal Group Emperan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku yang ingin menyampaikan aspirasi kepada DPRD Tanimbar nyaris bentrok dengan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) pada Senin, 13 September 2021.

Koordinator Demo Defota Rerebain mengatakan pihaknya telah mendapat ijin resmi dari Kepolisian Resort (Polres) untuk menyampaikan pendapat di muka umum dengan tetap mematuhi ketentuan, yaitu tidak boleh lebih dari 30 orang, dan taat pada protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Awalnya para pendemo bertolak dari titik kumpul di depan Saumlaki Town Square (Satos) menuju ke balai Kantor wakil rakyat  di Jalan Ir. Soekarno itu, namun saat tiba di depan jalan masuk menuju kantor mereka dihalangi oleh para pria berpakaian preman, yang mengaku sebagai petugas Satpol PP. Aksi adu mulut hingga saling dorong pun terjadi, dan tidak berujung pada bentrokan.

Melalui koordinasi yang cukup, situasi kembali aman terkendali. Anggota dewan mempersilahkan para pendemo untuk masuk ke ruang sidang utama balai rakyat guna menyampaikan aspirasi.

Dalam tatap muka tersebut, Defota mengutarakan 12 poin aspirasi, diantaranya mendukung penuh Bupati Tanimbar Petrus Fatlolon dalam upaya memerangi Tipikor di lingkup Pemda.

Selain itu mendukung Kapolres Tanimbar, AKBP. Romi Agusriansyah, dan Kejari MTB Gunawan Soemarsono bersama jajaran dalam penegakan supermasi hukum pada berbagai kasus Tipikor yang dilaporkan.

Para pendemo juga meminta segera penetapan tersangka kasus Rp9,3 miliar, usut tuntas korupsi dana covid-19 tahun 2020, pengungkapan kasus nepotisme pada ULP dan Pokja pengadaan barang dan jasa, karena dari praktek itu banyak proyek yang mangkrak di Tanimbar.

“Secepatnya menetapkan tersangka pada kasus paket-paket proyek di Trans Fordata, Siwaan, Trans Seira, Air Bersih Meyano Das, Danau Lorulung, Tugu Amtufu, Drainase Ir.Soekarno,” kata dia.

Selanjutnya poin demo, meminta Bupati Fatlolon mencopot Inspektur Daerah Jeditha Huwae, karena dianggap lemah dalam melakukan fungsi pengawasan bahkan dituding kuat melindungi praktek KKN yang terjadi selama dirinya menjabat, serta mendorong Kejari MTB agar segera menetapkan tersangka dana hibah dan bansos.

Defota mengungkapkan dalam pertemuan bersama DPRD, Kapolres Romi berjanji dan menegaskan bahwa dalam pekan ini akan menetapkan tersangka untuk kasus Rp9,3 miliar yang sementara ini bergulir di tubuh institusinya.

Kemudian, Tokoh Pemuda Tanimbar Ongker Buardalam mengimbau semua pihak agar dapat menjaga kekompakan, dan mengajak semua pihak untuk menghindari upaya provokator yang ingin memecah belah rasa persaudaraan.

Menurutnya para pendemo meminta pertanggungjawaban hukum dengan mengungkap seluas-luasnya upaya hukum tindak pidana korupsi karena patut diduga ada kejanggalan pertanggungjawaban keuangan negara.

“Sebagai anak Duan Lolat maka kita patut mendukung segala upaya aparatur penegak hukum dalam membuka tabir kepemilikan sah uang milik rakyat, karena itu rakyatlah yang berhak bersuara. Kepada para penjaga Perda haruslah lebih humanis dalam menghadapi situasi kondisi sekarang ini. Kita semua satu sudara, Kita Duan dan Lolat," imbau Buardalam. (Albert Batlayeri)



selengkapnya di : https://www.lelemuku.com/2021/09/sempat-ricuh-vocal-group-emperan-minta.html
  • Pengenalan dasar tentang segala hal yang terkait dengan Kepulauan Tanimbar
    Pengenalan dasar tentang segala hal yang terkait dengan Kepulauan Tanimbar ...
  • Terkait pemerintahan dan pengelolaan administrasi kedaerahan di Kepulauan Tanimbar
    Terkait pemerintahan dan pengelolaan administrasi kedaerahan di Kepulauan Tanimbar ...
  • Tais Tanimbar Jadi Backdrop Forum Insvestasi Indonesia – Tiongkok di Beijing
     Segala hal yang berkaitan dengan tradisi dan kebudayaan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar ...
  • Laura Basuki dan Gunawan Maryanto Raih Predikat Pemeran Utama Terbaik di FFI 2020
    Terkait Tata Cara dan Kehidupan Sosial masyarakat lokal di Tanimbar ...
  • Laura Basuki dan Gunawan Maryanto Raih Predikat Pemeran Utama Terbaik di FFI 2020
    Seputar perkembangan dan pengelolaan Pariwisata dan Objek Turisme di Tanimbar ...
  • Universitas Darusallam Ambon Wisudakan 420 Sarjana dan Ahli Madya
      Seputar upaya pengembangan dan perkembangan Pendidikan di Kepulauan Tanimbar ...
  • Laura Basuki dan Gunawan Maryanto Raih Predikat Pemeran Utama Terbaik di FFI 2020
    Terkait program pembinaan lingkungan dan pengelolaan penjagaan Kesehatan di Kepulauan Tanimbar...
  • Aparat Gabungan di Yalimo Amankan 4 Oknum TNI Pengawal 2.672 Botol Miras
    Upaya pengembangan jiwa dengan bidang-bidang Olahraga di Tanimbar ...
  • Inilah Alasan Fadil Imran Tembak Mati 6 Laskar Khusus Rizieq Shihab di Tol Cikampek
    Terkait pengembangan Ekonomi dan pengelolaan Bisnis di Kepulauan Tanimbar ...
  • 831 Kasus Aktif COVID-19 di Maluku Per 7 Desember 2020
      Terkait upaya-upaya pengembangan dan pemberdayaan Sumber Daya Manusia di Tanimbar ...
  • Selamat datang di Website Tanimbar.id. Pusat ensiklopedia lengkap tentang Kepulauan Tanimbar.

    Website ini dikelola oleh lelemuku.com